ILMU SOSIAL DASAR
ILMU
SOSIAL DASAR
1. ABSTRAK
Ilmu Sosial Dasar ( ISD ) adalah ilmu pengetahuan
yang menelaah masalah- masalah sosial yang timbul dan berkembang, khususnya
yang diwujudkan oleh warga Indonesia dengan menggunakan pengertian-pengertian
(fakta, konsep, teori) yang berasal dari berbagai bidang pengetahuan keahlian
dalam lapangan ilmu-ilmu sosial. pengetahuan yg menelaah masalah-masalah
sosial, khususnya masalah-masalah yang diwujudkan oleh masyarakat Indonesia,
dengan menggunakan teori-teori yang berasal dari berbagai bidang pengetahuan
keahlian dalam lapangan ilmu-ilmu sosial (seperti Geografi Sosial, Sosiologi,
Antropologi Sosial, Ilmu Politik, Ekonomi, Psikologi Sosial dan Sejarah). Ilmu
Sosial Dasar memiliki sifat dasar, ruang lingkup dan golongan yang selalu
berada dalam satu konteks, yaitu masyarakat. ISD memberikan dasar-dasar
pengetahuan tentang konsep untuk mengkaji gejala sosial yang terjadi dalam
setiap interaksi dalam masyarakat. Tujuan ilmu sosial dasar adalah membantu
perkembangan pikir mahasiswa dan kepribadian agar memperoleh wawasan yang lebih
luas dan memiliki ciri kepribadian yang diharapkan dari setiap golongan
terpelajar Indonesia.
2. LATAR
BELAKANG
Karena semakin berkembangnya zaman, maka semakin tinggi individualisme
seseorang, maka dari itu Ilmu Sosial Dasar diharapkan bisa membuat kita paham
bahwa kita merupakan makhluk sosial yang juga harus memperhatikan
lingkungan sekitar yang merupakan
tempat kita tumbuh dan berkembang.
3.
PEMBAHASAN
ISD sebagai Ilmu pengetahuan memiliki sifat dasar berikut :
1. ISD
bukan merupakan Ilmu Pengetahuan Alam ataupun Ilmu Pengetahuan
Kerohanian.
Kerohanian.
2. ISD
bukan merupakan Ilmu Pengetahuan yang normatif, melainkan ilmu yang
kategoris. Artinya membatasi ciri pada kejadian dewasa ini, bukan pada apa yang
terjadi atau seharusnya terjadi. Dengan demikian ISD merupakan ilmu yang bebas
nilai karena menilai apa yang baik dan apa yang buruk.
kategoris. Artinya membatasi ciri pada kejadian dewasa ini, bukan pada apa yang
terjadi atau seharusnya terjadi. Dengan demikian ISD merupakan ilmu yang bebas
nilai karena menilai apa yang baik dan apa yang buruk.
3. ISD
merupakan Ilmu Pengetahuan yang murni (pure science ) dan bukan merupakan
Ilmu Pengetahuan terapan (apllied science ). Ilmu Pengetahuan murni merupakan
pencarian akan adanya pengetahuan, sedangkan penggunaan praktisnya tidak di
utamakan.
Ilmu Pengetahuan terapan (apllied science ). Ilmu Pengetahuan murni merupakan
pencarian akan adanya pengetahuan, sedangkan penggunaan praktisnya tidak di
utamakan.
4. ISD
merupakan Ilmu Pengetahuan yang abstrak, bukan Ilmu Pengetahuan yang
konkret.
konkret.
5. ISD
bertujuan menghasilkan pengertian” dan pola” umum interaksi antarmanusia.
6. ISD
merupakan Ilmu Pengetahuan yang umum, bukan Ilmu Pengetahuan khusus.
Artinya, ISD mempelajari gejala umum yang ada pada setiap interaksi antarmanusia.
Dengan kata lain, lapangan penyelidikanya bersifat umum yakni kehidupan bersama
manusia.
Artinya, ISD mempelajari gejala umum yang ada pada setiap interaksi antarmanusia.
Dengan kata lain, lapangan penyelidikanya bersifat umum yakni kehidupan bersama
manusia.
Ruang Lingkup ISD meliputi dua kelompok
utama, studi manusia dan masyarakat dan studi lembaga-lembaga sosial, terutama
terdiri atas psikologi, sosiologi, dan antropologi, sedang yang kemudian
terdiri atas ekonomi dan politik. Sasaran studi ISD adalah aspek – aspek yg
paling dasar yg ada dalam kehidupan manusia sebagai makhluk sosial dan masalah
– masalah yang terwujud dari padanya. Materi ISD terdiri atas masalah-masalah
sosial. Untuk dapat menelaah masalah-masalah sosial, hendaknya terlebih dahulu
kita dapat mengindentifikasi kenyataan - kenyataan sosial dan memahami sejumlah
konsep sosial tertentu. ISD dapat dibedakan atas tiga golongan yaitu :
a. Konsep
sosial dibatasi pada konsep dasar atau elementer saja yang bertujuan untuk
mempelajari masalah-masalah sosial yang dibahas dalam Ilmu Pengetahuan Sosial.
b. Masalah
sosial yang timbul dalam masyarakat, biasanya terlibat dalam berbagai
kenyataan-kenyataan sosial yang memiliki suatu keterkaitan antara satu dengan
yang lainnya.
c. Kenyataan
sosial yang ada dalam masyarakat secara bersama-sama merupakan masalah sosial
tertentu, dan dalam kenyataannya kenyataan sosial tersebut sering ditanggapi
secara berbeda oleh para ahli ilmu sosial, hal tersebut dikarenakan adanya
perbedaan latar belakang disiplin ilmu atau sudut pandangnya. Dalam Ilmu Sosial
Dasar kita menggunakan pendekatan interdisiplin/multidisiplin.
Ilmu sosial dasar bertujuan untuk membantu
perkembangan wawasan pemikiran dan kepribadian agar wawasannya lebih luas,
khususnya berkenaan dengan sikap dan tingkah laku manusia dalam menghadapi
manusia manusia lain, serta sikap dan
tingkah laku manusia manusia lain terhadap manusia
yang bersangkutan secara timbal balik. Ada pun tujuannya yaitu :
1. Memahami
dan menyadari adanya kenyataan-kenyataan sosial dan masalah masalah sosial yang
ada dalam masyarakat.
2. Peka
terhadap masalah-masalah sosial dan tanggap untuk ikut serta dalam usaha-usaha
menanggulanginya.
3. Menyadari
bahwa setiap masalah sosial yang timbul dalam masyarakat selalu bersifat
kompleks dan hanya dapat mendekatinya mempelajarinya.
4. Memahami
jalan pikiran para ahli dari bidang ilmu pengetahuan lain dan dapat
berkomunikasi dengan mereka dalam rangka penanggulangan masalah sosial yang
timbul dalam masyarakat.
Fungsi dari ilmu sosial
dasar yaitu memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang
konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji gejala-gejala sosial kebudayaan
agar daya tanggap,persepsi, dan penalaran mahasiswa dalam menghadapi lingkungan
sosial budaya dapat ditingkatkan sehingga kepekaan mahasiswa pada lingkungannya
menjadi lebih besar.
4.
KESIMPULAN
ISD menyajikan pemahaman mengenai hakikat manusia sebagai makhluk sosial
dan masalahnya dengan menggunakan kerangka pendekatan. Dengan menggunakan
kacamata obyektif berarti, konsep dan teori yang berhubungan dengan hakikat
manusia dan masalahnya telah dikembangkan dalam ilmu sosial dan digunakan.
Sedangkan menurut kacamata subyektif masalah yang dibahas akan dikaji menurut
perspektif masyarakat yang bersangkutan. Jadi, ISD mengajarkan kita untuk
mengkaji dan mendalami permasalahan sosial dan segala interaksi yang muncul
dalam kehidupan bermasyarakat secara mendasar supaya kita bisa lebih peka
terhadap isu isu sosial yang sedang terjadi serta meningkatkan kesadaran sosial
dalam segala segi kehidupan.
5. DAFTAR
PUSTAKA
http://gerdysangpenakluk.blogspot.com/2012/01/latar-belakang-pengertian-dan-tujuan.html
http://abangxafi.wordpress.com/tug-kull/sifat-dasar-dari-isd/
http://carideny.blogspot.com/2012/03/ringkasan-ilmu-sosial-dasar.html
http://muhammadfazrul666.blogspot.com/2011/11/ilmu-sosial-dasar.htm
http://www.anneahira.com/ilmu-sosial-dasar.htm
Comments
Post a Comment