Multimedia

Multimedia adalah penggunaan komputer untuk menyajikan dan menggabungkan teks, suara, gambar,animasi, audio dan video dengan alat bantu (tool) dan koneksi (link) sehingga pengguna dapat melakukan navigasi, berinteraksi, berkarya dan berkomunikasi. Multimedia sering digunakan dalam dunia informatika. Selain dari dunia informatika, Multimedia juga diadopsi oleh dunia game, dan juga untuk memmbuat website.
Menurut Vaughan, multimedia adalah perpaduan manipulasi digital dari teks, gambar, seni, grafis, suara, animasi dan elemen video yang dapat membuat pengguna mengontrol apa dan kapan salah satu dari elemen tersebut dapat digunakan. Menurut Mayer, multimedia mempunyai berbagai makna. Mayer mendefinisikan multimedia sebagai presentasi dari kata (seperti teks lisan atau teks yang dicetak) dan gambar (seperti ilustrasi, foto, animasi, atau video). Kata – kata, maksudnya materi tersebut disajikan dalam bentuk verbal, seperti menggunakan teks yang dicetak atau teks lisan.
maksudnya materi disajikan dalam bentuk gambar, seperti menggunakan ilustrasi, grafik, diagram, peta, atau foto, atau menggunakan grafis yang dinamis, termasuk animasi atau video. Definisi ini cukup luas untuk mencakup semua skenario dari ensiklopedia multimedia untuk pendidikan online atau untuk buku pelajaran. Sebagai contoh, dalam sebuah ensiklopedia multimedia, kata-kata dapat disajikan sebagai narasi, dan gambar dapat disajikan sebagai animasi. Dalam buku teks, kata-kata dapat disajikan sebagai teks cetak dan gambar dapat disajikan sebagai ilustrasi.
Multimedia interaktif juga merupakan suatu sistem yang menggunakan lebih dari satu media presentasi (teks, suara, grafik, animasi dan video) secara bersamaan dan melibatkan keikutsertaan pemakai untuk memberi perintah, mengendalikan, atau memanipulasi. Selain itu multimedia interaktif juga harus memiliki suatu antarmuka pemakai yang mencakup berbagai hal seperti: menu, window, keyboard, mouse,
bunyi beep, dan suara komputer lainnya. Antarmuka pemakai juga harus memungkinkan pemakai dan komputer untuk saling berkomunikasi dengan mudah dan informatif.
Jika multimedia melibatkan bahan presentasi dalam dua atau lebih bentuk, maka isu penting menyangkut bagaimana ciri bentuk presentasi itu dibuat. Tiga solusi untuk masalah ini adalah delivery media view, presentation modes view, dan sensory modalities view. Menurut delivery media view, multimedia memerlukan dua atau lebih perangkat pengiriman, seperti layar komputer dan speaker atau proyektor dan sebuah suara dosen. Menurut presentation modes view, multimedia membutuhkan representasi verbal dan pictorial, seperti pada layar teks dan animasi atau teks yang dicetak dan ilustrasi. Menurut sensory modalities view, multimedia membutuhkan indera pendengaran dan visual, seperti narasi dan animasi atau materi dan slide.

2.1.1        
Elemen Multimedia
Menurut Hofstetter, komponen multimedia terbagi atas lima jenis yaitu:
  • Teks
Teks merupakan elemen multimedia yang menjadi dasar untuk menyampaikan informasi, karena teks adalah jenis data yang paling sederhana dan membutuhkan tempat penyimpanan yang paling kecil. Teks merupakan cara yang paling efektif dalam mengemukakan ide-ide kepada pengguna, sehingga penyampaian informasi akan lebih mudah dimengerti oleh masyarakat. Jenis-jenis teks seperti Printed Text, yaitu teks yang dihasilkan oleh word processor atau word editor dengan cara diketik yang nantinya dapat dicetak. Scanned Text yaitu teks yang dihasilkan melalui proses scanning tanpa pengetikan. Dan Hypertext yaitu jenis teks yang memberikan link ke suatu tempat / meloncat ke topik tertentu.
  • Grafik (image)
Sangat bermanfaat untuk mengilustrasi informasi yang akan disampaikan terutama informasi yang tidak dapat dijelaskan dengan kata-kata. Jenis-jenis grafik seperti bitmap yaitu gambar yang disimpan dalam bentuk kumpulan pixel, yang berkaitan dengan titik-titik pada layar monitor. Digitized picture adalah gambar hasil rekaman video atau kamera yang dipindahkan ke komputer dan diubah ke dalam bentuk bitmaps. Hyperpictures, sama seperti hypertext hanya saja dalam bentuk gambar.
  • Audio
Multimedia tidak akan lengkap jika tanpa audio (suara). Audio bisa berupa percakapan, musik atau efek suara.
  • Video
Video menyediakan sumber yang kaya dan hidup untuk aplikasi multimedia. Dengan video dapat menerangkan hal-hal yang sulit digambarkan lewat kata-kata atau gambar diam dan dapat menggambarkan emosi dan psikologi manusia secara lebih jelas.
  • Animasi
Animasi adalah simulasi gerakan yang dihasilkan dengan menayangkan rentetan frame ke layer. Frame adalah satu gambar tunggal pada rentetan gambar yang membentuk animasi. Menurut Foley, Van Dam, Feiner dan Hughes (1997, p1057) Animate adalah untuk membuat sesuatu hidup, sebagian orang mengira bahwa animasi itu sama dengan motion (gerakan), tetapi animasi mencakup
semua yang mengandung efek visual sehingga animasi mencakup perubahan posisi terhadap waktu, bentuk, warna, struktur, tekstur dari sebuah objek, posisi kamera, pencahayaan, orientasi dan focus dan perubahan dalam teknik rendering.
Sebagaimana yang telah diketahui bahwa kini tersedia banyak scanner berbiaya rendah yang dapat membaca teks cetak dan mengkonversinya menjadi format yang terbaca oleh mesian dan menghasilkan teks cetak dan menghasilkan scanned text (teks hasil scan)
Pada prinsipnya ada 3 jenis scanner:

  • Flatbed: Menggunakan Motor dan pilley yang menggerakkan scaner di atas kertas.
  • Handled Scanner (Scanner Tangan): kita yang menggerakkan scanner di atas kertas
  • Sheet-Fed Scanner: memiliki memiliki slot untuk memasukkan halaman tulisanyang akan discan
  • Teknologi OCR(Optical Character Recognitian) akan mempercanggih scanner dan semakin menambah tingkat akurasi scanner.

Comments

Popular posts from this blog

Jenis - jenis Keyboard

GUNUNG BUNGSU

Perbedaan Vektor dan Bitmap