Sistem Pembelajaran Astronomi menggunakan Augmented Reality Berbasis Android
Kata telematika berasal dari bahasa Prancis yaitu “TELEMATIQUE” yang berarti bertemunya sistem jaringan komunikasi dengan teknologi informasi. Istilah telematika pertama kali digunakan di Indonesia adalah pada perubahan pada nama salah satu laboratorium telekomunikasi di ITB pada tahun 1978. Para praktisi mengatakan bahwa TELEMATICS merupakan perpaduan dari dua kata yaitu dari “TELECOMMUNICATION and INFORMATICS” yang merupakan perpaduan konsep Computing and Communication. Istilah telematika juga dikenal sebagai “the new hybrid technology” karena lahir dari perkembangan teknologi digital. Dalam wikipedia disebutkan bahwa Telematics juga sering disebut dengan ICT (Information and Communications Technology). Sesuai dengan asal katanya, telematika meliputi sistem komunikasi beserta teknologi informasi. Sebagaimana kita ketahui bahwa kedua unsur tersebut sangat melekat pada kehidupan umat manusia pada zaman sekarang ini. Setiap orang memiliki alat-alat elektronik yang diciptakan menggunakan teknologi canggih dan bermanfaat dalam memperoleh informasi yang tidak terbatas baik dari segi ruang maupun waktu. Selain kedua unsur tersebut, pemanfaatan aplikasi berbasis telematika secara garis besarnya juga membutuhkan satu hal yaitu internet. Internet membuat semua orang saling terhubung satu sama lain melintasi pulau, benua, maupun samudera. Beberapa contoh penerapan telematika dalam kehidupan sehari-hari adalah sebagai berikut:
1. Bidang pendidikan
Adanya konsep pembelajaran terpadu berbasis virtual, sebagai contoh yaitu e-learning, e-book, maupun e-library, sehingga proses belajar mengajar tidak harus didalam ruangan, namun juga dapat dilakukan dimana saja.
2. Bidang Ekonomi
Sistem perdagangan didunia yang semakin hari semakin ketat persaingannya, dan terkadang minimnya ketersediaan lahan untuk membuka sebuah toko membuat orang-orang berpikir untuk memiliki toko secara online atau melakukan pembayaran pun tidak perlu ke bank, hanya dengan aktivitas klik, proses jual beli pun dapat terlaksana dengan lancer. Beberapa contoh penerapan telematika dalam bidang ekonomi adalah e-business, e-commerce, dan lain-lain.
3. Bidang pemerintahan
Pemerintah pun mengeluarkan berbagai aplikasi e-government untuk membantu menjawab keluhan warga sipil terhadap beberapa kasus tertentu serta bisa meningkatkan kenerja pemerintah dalam memberikan pelayanan kepada public.
4. Bidang kesehatan
Pemanfaatan telematika membantu meningkatkan pelayanan kesehatan terhadap masyarakat dengan beberapa aturan-aturannya sendiri.
Berikut adalah contoh penerapan telematika dalam bidang pendidikan, yaitu “Sistem Pembelajaran Astronomi Menggunakan Augmented Reality berbasis Android”.
Latar Belakang
Saat ini perkembangan teknologi semakin pesat , tidak sedikit metode pembelajaran menggunakan komputer. Dalam dunia Astronomi pun komputer mengambil peran penting di dalamnya. Dalam bidang komputer terdapat teknologi yang disebut AR atau bisa dibilang yaitu Augmented Reality,Teknologi AR merupakan kombinasi dari dunia nyata dengan data yang dihasilkan oleh komputer. Tidak seperti Virtual Reality yang sepenuhnya menggantikan kenyataan, Augmented Reality sekedar menambahkan atau melengkapi kenyataan. Metode Augmented Reality juga memiliki kelebihan dari sisi interaktif karena menggunakan marker untuk menampilkan objek 3D tertentu yang di arahkan ke webcam atau kamera. Selain itu penerapan konsep yang akan digunakan diharapkan dapat meningkatkan daya nalar dan daya imajinasi anak-anak.
Tujuan
Menghasilkan aplikasi pembelajaran Astronomi bagi anak-anak yang duduk di bangku Taman Kanak-Kanak dan Sekolah Dasar yang menampilkan objek Planet Bergerak dan Objek Rasi Bintang tidak bergerak.
Isi
Media pembelajaran secara interaktif mengenai Benda Langit Yaitu Planet dan Bintang dibuat dengan menggunakan Augmented Reality dan menggunakan buku yang disertai dengan kode khusus untuk memberikan informasi Planet dan Struktur Rasi Bintang dalam bentuk gambar 3D. Sehingga diharapkan antusiasme anak-anak dapat meningkat dalam mempelajari dan mengenal bentuk Planet dan Bintang(Rasi Bintang) pada Dunia Astronomi
Permodelan Aplikasi
Setelah melakukan perancangan menggunakan desain layout maka perancangan melalui pendekatan UML dibutuhkan untuk menjelaskan secara detail hubungan actor terhadap environment object dan class pada perancangan aplikasi AR. Pada sub bab ini dijelaskan pembahasan diagaram Use Case , activity diagram, dan sequence diagram.
Use Case Diagram
Alur aplikasi yang dibuat dalam Use Case Diagram dapat dilihat pada gambar berikut.
Activity Diagram
Alur aplikasi yang dibuat dalam Activity Diagram dapat dilihat pada gambar berikut :
Sequence Diagram
Alur aplikasi yang dibuat dalam Sequence Diagram dapat dilihat pada gambar berikut.
Kesimpulan
Dalam penelitian ini, aplikasi yang berhasil dibuat berisi animasi 3D dari bentuk Planet dan Rasi Bintang. Objek–objek yang digunakan dalam aplikasi ini dibuat dengan menggunakan software 3Ds Max dan telah diuji coba dengan menggunakan program Unity. Aplikasi yang dibuat dalam penulisan ini dapat dijalankan menggunakan perangkat Android/ handphone yang di lengkapi dengan kamera. Dalam menjalankan aplikasi ini dibutuhkan marker yang telah didaftarkan pada Vuforia. Pencahayaan yang cukup diperlukan, karena jika pencahayaan kurang atau berlebih maka marker tidak terdeteksi oleh kamera.
Aplikasi ini dibuat untuk mempermudah pengguna mempelajari dan mengenali planet dan rasi bintang. semoga aplikasi ini dapat digunakan sebagai alat peraga dalam mempelajari Astronomi.
1. Bidang pendidikan
Adanya konsep pembelajaran terpadu berbasis virtual, sebagai contoh yaitu e-learning, e-book, maupun e-library, sehingga proses belajar mengajar tidak harus didalam ruangan, namun juga dapat dilakukan dimana saja.
2. Bidang Ekonomi
Sistem perdagangan didunia yang semakin hari semakin ketat persaingannya, dan terkadang minimnya ketersediaan lahan untuk membuka sebuah toko membuat orang-orang berpikir untuk memiliki toko secara online atau melakukan pembayaran pun tidak perlu ke bank, hanya dengan aktivitas klik, proses jual beli pun dapat terlaksana dengan lancer. Beberapa contoh penerapan telematika dalam bidang ekonomi adalah e-business, e-commerce, dan lain-lain.
3. Bidang pemerintahan
Pemerintah pun mengeluarkan berbagai aplikasi e-government untuk membantu menjawab keluhan warga sipil terhadap beberapa kasus tertentu serta bisa meningkatkan kenerja pemerintah dalam memberikan pelayanan kepada public.
4. Bidang kesehatan
Pemanfaatan telematika membantu meningkatkan pelayanan kesehatan terhadap masyarakat dengan beberapa aturan-aturannya sendiri.
Berikut adalah contoh penerapan telematika dalam bidang pendidikan, yaitu “Sistem Pembelajaran Astronomi Menggunakan Augmented Reality berbasis Android”.
Latar Belakang
Saat ini perkembangan teknologi semakin pesat , tidak sedikit metode pembelajaran menggunakan komputer. Dalam dunia Astronomi pun komputer mengambil peran penting di dalamnya. Dalam bidang komputer terdapat teknologi yang disebut AR atau bisa dibilang yaitu Augmented Reality,Teknologi AR merupakan kombinasi dari dunia nyata dengan data yang dihasilkan oleh komputer. Tidak seperti Virtual Reality yang sepenuhnya menggantikan kenyataan, Augmented Reality sekedar menambahkan atau melengkapi kenyataan. Metode Augmented Reality juga memiliki kelebihan dari sisi interaktif karena menggunakan marker untuk menampilkan objek 3D tertentu yang di arahkan ke webcam atau kamera. Selain itu penerapan konsep yang akan digunakan diharapkan dapat meningkatkan daya nalar dan daya imajinasi anak-anak.
Tujuan
Menghasilkan aplikasi pembelajaran Astronomi bagi anak-anak yang duduk di bangku Taman Kanak-Kanak dan Sekolah Dasar yang menampilkan objek Planet Bergerak dan Objek Rasi Bintang tidak bergerak.
Isi
Media pembelajaran secara interaktif mengenai Benda Langit Yaitu Planet dan Bintang dibuat dengan menggunakan Augmented Reality dan menggunakan buku yang disertai dengan kode khusus untuk memberikan informasi Planet dan Struktur Rasi Bintang dalam bentuk gambar 3D. Sehingga diharapkan antusiasme anak-anak dapat meningkat dalam mempelajari dan mengenal bentuk Planet dan Bintang(Rasi Bintang) pada Dunia Astronomi
Permodelan Aplikasi
Setelah melakukan perancangan menggunakan desain layout maka perancangan melalui pendekatan UML dibutuhkan untuk menjelaskan secara detail hubungan actor terhadap environment object dan class pada perancangan aplikasi AR. Pada sub bab ini dijelaskan pembahasan diagaram Use Case , activity diagram, dan sequence diagram.
Use Case Diagram
Alur aplikasi yang dibuat dalam Use Case Diagram dapat dilihat pada gambar berikut.
Usecase Diagram
Activity Diagram
Alur aplikasi yang dibuat dalam Activity Diagram dapat dilihat pada gambar berikut :
Activity Diagram
Alur aplikasi yang dibuat dalam Sequence Diagram dapat dilihat pada gambar berikut.
Sequence Diagram
Kesimpulan
Dalam penelitian ini, aplikasi yang berhasil dibuat berisi animasi 3D dari bentuk Planet dan Rasi Bintang. Objek–objek yang digunakan dalam aplikasi ini dibuat dengan menggunakan software 3Ds Max dan telah diuji coba dengan menggunakan program Unity. Aplikasi yang dibuat dalam penulisan ini dapat dijalankan menggunakan perangkat Android/ handphone yang di lengkapi dengan kamera. Dalam menjalankan aplikasi ini dibutuhkan marker yang telah didaftarkan pada Vuforia. Pencahayaan yang cukup diperlukan, karena jika pencahayaan kurang atau berlebih maka marker tidak terdeteksi oleh kamera.
Aplikasi ini dibuat untuk mempermudah pengguna mempelajari dan mengenali planet dan rasi bintang. semoga aplikasi ini dapat digunakan sebagai alat peraga dalam mempelajari Astronomi.
Comments
Post a Comment